Fathin Kareem Wanita penyendiri yang bercita-cita memiliki Wedding Organizer.

5+ Cara Menabung Saham di 2020

1 min read

Cara menabung saham kini menjadi trending pencarian di media online menyusul dengan dorongan BEI untuk masyarakat sadar investasi. Terutama bagi kalangan-kalangan yang masih minim informasi terkait hal tersebut. Lalu bagaimanakah langkah-langkahnya?

Cara untuk Memulai Menabung Saham

Kian kemari, Bursa Efek Indonesia (BEI) kian gencar mengkampanyekan masyarakat untuk menabung saham. Salah satu bentuk investasi ini memungkinkan seseorang untuk mengembangkan sisa uang yang dimiliki dalam bentuk lain dengan nominal lebih tinggi.

Untuk langkah pertama, menurut laman Duwitmu.com, cara menabung saham hampir sama dengan mengawali membuka rekening tabungan di bank. Hanya butuh tiga langkah saja dan Anda resmi mengembangkan uang di sini:

1. Melakukan Registrasi ke Perusahaan Sekuritas

Pertama, Anda perlu melakukan registrasi pendaftaran saham terlebih dahulu kepada perusahaan sekuritas, ini berfungsi untuk menjadi perantara Anda dengan pihak KSEI (bagian pencatat saham pada nilai investasi).

Perkembangan terkini, registrasi menjadi semakin mudah. Anda hanya perlu mendatangi bank umum terdekat, karena beberapa perusahaan sekuritas telah bekerjasama dengan pihak terkait. Jadi bisa dimulai dengan membuat rekening tabungan biasa lebih dahulu.

2. Membuka Rekening A.K.A

Setelah tuntas menyelesaikan registrasi tersebut, Anda akan dibuatkan sebuah rekening pribadi bernama tabungan A.K.A akun efek di perusahaan sekuritas. Mirip sekali dengan sistem bank, di sana akan dicatatkan berapa saja uang yang dimasukkan tiap bulannya.

Anda dapat menentukan sendiri akan menyetor rutin dalam jumlah berapa. Dikenakan pula kewajiban untuk menyetor berkas-berkas identitas seperti Fotokopi KTP, NPWP halaman depan buku tabungan serta dua lembar materai senilai Rp. 6000.

3. Menyetorkan Dana Rutinan

Setelah kedua langkah di atas terlewati, Anda dapat langsung melakukan pembayaran secara rutin. Penyetoran ini bisa dilakukan dengan cara langsung ke bank, perusahaan sekuritas, maupun menggunakan layanan auto transfer dari rekening tabungan pribadi.

Selanjutnya, Anda dikenai kewajiban untuk menyetorkan cicilan sesuai kemampuan dan kebutuhan sendiri setiap bulannya secara disiplin. Selang beberapa waktu, uang tersebut akan berkembang seiring kenaikan harga saham dan keuntungan dari perusahaan.

4. Keuntungan Menabung Saham

Demi memantapkan niat Anda untuk menabung saham. Di bawah ini akan disebutkan poin-poin keuntungan yang akan didapatkan ketika melakukan investasi ini, lengkap dengan penjelasannya (referensi dar Cicil.id):

5. Tidak Memerlukan Modal yang Besar

Kebanyakan orang membayangkan bahwa, untuk memulai menabung saham dibutuhkan dana besar, mungkin hingga ratusan juta. Namun hal itu tidak benar, Anda dapat mulai melakukan penyetoran

tabungan rutin minimal Rp. 100.000,- saja.

Begitupun dengan setoran rutin tiap bulannya, dapat disesuaikan jumlah pemasukan Anda dengan jumlah minimal yang sesuai ketentuan saham tersebut. Jadi, tanpa perlu mengumpulkan modal besar terlebih dahulu, asalkan telaten, uang tabungan dapat berkembang.

Semakin Diuntungkan dengan Nilai Harga Saham yang Terus Meningkat

Sebagai seorang investor, kemungkinan kenaikan harga saham Anda akan semakin mahal seiring dengan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan begitu, pada saatnya penjualan nya akan jauh lebih tinggi dibandingkan nominal ketika pembelian.

Apabila uang tabungan tersebut belum cukup, Anda dapat memulai membeli saham dari perusahaan-perusahaan menengah lebih dahulu yang memiliki harga terjangkau. Trik ini sangat disarankan bagi pemula.

Mendapatkan Pembagian Keuntungan dari Perusahaan

Sebagai seorang pemegang saham, Anda tentu mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Kelebihan ini dapat diterima rutin setiap bulannya dan cukup sebagai tambahan isi rekening tabungan.

Namun, kebangkrutan perusahaan adalah resiko yang tidak terhindarkan. Maka, penting untuk melakukan tindakan antisipasi dengan cara memilih saham progresif dan dikelola dengan mumpuni.

Demikian penjabaran lengkap dan sistematis mengenai cara menabung saham. Setelah paham, diharapkan Anda akan lebih waspada dan bijaksana saat melakukannya.

Fathin Kareem Wanita penyendiri yang bercita-cita memiliki Wedding Organizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *